Film-Film Mafia Gangster

Mafia, sebuah kata untuk sebuah gangster yang berasal dari Pulau Sisilia dimana pada awalnya mereka melakukan perpindahan penduduk besar-besaran ke Amerika. Pada awalnya kata mafia merupakan sebuah hal yang tabu, tidak pernah ada di kehidupan nyata. Namun, setelah kematian Paul Castellano hal itu sebenarnya adalah realita yang nyata dan kebrutalannya seperti koboy jaman Wild West.

Berbicara tentang film yang mengangkat tema gangster, tentu tidak lepas dari film tahun 1974 yang berjudul The Godfather yang didasari dari novel Mario Puzo. Film ini memang “Godfathernya” film sepanjang masa.Film ini berbicara tentang keluarga mafia Corleone dimana film ini penuh dengan penghianatan namun dengan sisi drama yang pas pula sehingga membuat film ini tidak terasa “kosong” sama sekali. Dibintangi bintang macam Al Pacino, Marlon Brando dan Robert DuVall beserta cast yang powerfull, film ini semakin manis saja. Sequel lanjutannya diteruskan 2 tahun berikutnya, 1976 dengan judul The Godfather: Part II yang bercerita tentang kelanjutan keluarga Corleone beserta flash back masa muda Vito Corleone yang diperankan oleh Robert De Niro. Kedua film ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola yang dua kali juga dianugrahkan Best Picture di Piala Oscar.

Dilanjuti dengan Scarface yang memang lebih menonjol ke sisi kriminalnya daripada mafia. Namun, beberapa orang seringkali terjebak pada pengkatagorian film ini ke tipe mafia. Film yang dibintangi lagi oleh Al Pacino yang menceritakan seorang imigran asal Cuba, Tony Montana yang mencoba peruntungan membesarkan wilayah kejahatannya di wilayah Las Vegas yang sarat akan adegan kekerasan namun dengan cerita yang menohok pula. Film ini ditukangi oleh Brian De Palma dan sampai sekarang tak lekang oleh waktu terutama sewaktu scene yang disebut sebagai “Tony Montana’s Last Standing”.

Lalu ditahun 80’an muncul film yang berjudul The Untouchables yang rilis pada tahun 1987, dimana menceritakan kehidupan mafia dan realita kehidupan seorang pemimpin mafia di Amerika, Al Capone yang diperankan oleh Robert De Niro. Kedodoran disegi penceritaan, tak lantas film ini dilupakan saja oleh penggemar film.

Di decade 90’an muncul Goodfellas, yang menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa yang disutradarai Marti Scorsese. Didasari oleh cerita nyata dari sebuah buku yang berjudul Wiseguy yang ditulis Nicholas Pileggi, menceritakan seluk beluk kehidupan Henry Hill, seorang mantan mafia yang mendapat perlindungan di bawah Program Perlindungan Bagi Para Saksi. Film ini juga menceritakan beberapa mastermind mafia seperti Jimmy Burke (Jimmy Conway) atau juga Tommy DeSimone (Tommy DeVito). Tak seperti The Godfather, Goodfellas memiliki gaya penceritaan tersendiri yang stylish dan ekspansif namun tetap berfokus pada inti cerita.

Selain itu juga muncul Pulp Fiction pada tahun 1994 yang disutrdarai oleh Quentin Tarantino. Dibintangi John Travolta, Samuel L. Jackson dan Bruce Willis. Film ini juga merupaka favorit para penonton dan kritikus karena cerita yang rumit, pembagian beberapa keping cerita seperti puzzle dan berputar-putar dengan penyutradaraan khas Tarantino. Beberapa didalamnya diisi dengan dialog cerdas serta barisan cast pendukung yang benar-benar luar biasa.

Ditahun 2009, muncul Public Enemies yang dibintangi Johny Depp dan Christian Bale dan disutradarai oleh Michael Mann. Film ini menceritakan tentang sepak terjng John Dillinger, seorang mafia yang suka merampok bank dan menjadi Robin Hoodnya Amerika karena Ia menyisihkan sebagian uang curiannya kepada orang yang membutuhkan. Ia juga digambarkan sebagai criminal yang kharismatik sebelum Ia akhirnya dibunuh oleh FBI yang investigasinya dipimpin oleh Melvin Purvis.

Well, film mengenai all about mafia memang membutuhkan tangan dingin sutradara besar karena dalam kehidupan mafia banyak sekali detail yang perlu dijelaskan, belum lagi mafia memang melakukan aktivitasnya secara illegal dan tertutup sehingga banyak sekali yang perlu dijelaskan. Memang tak jarang beberapa genre tipe sejenis ini terjebak dengan gaya penuturan dari film masterpiece sekelas The Godfather, namun eberapa Oscar juga mampir pada film yang bergenre ini. Jadi, jangan heran tema seperti ini mendapat tempat tersendiri di hati para penonton.

Tinggalkan komentar